hai, miiko!

Hai, Miiko! (こっちむいて!みい子 Kocchimuite! Miiko) adalah manga yang bercerita tentang gadis kelas 5 SD yang bernama Yamada Miiko beserta dengan teman-temannya. Sebenarnya ada versi terdahulu dari Hai, Miiko! ini, judulnya Namaku Miiko! tapi hanya sampai jilid 4 saja. Isi ceritanya sama, tapi di jilid 1 Miiko dan teman-teman masih duduk di kelas 4 SD. Saat ini komik Hai, Miiko! ini sudah sampai jilid 20.

Kadangkala Miiko ditertawakan oleh teman-temannya karena tinggi Miiko kira-kira hanya 122 cm . Dalam manga ini, selalu diceritakan keseharian Miiko dan kawan-kawan. Tokoh lain :

* Mari-chan (Shimura Mari), sahabat Miiko yang ingin menjadi komikus. Miiko sering membantu Mari dalam mengarsir komik. Anaknya tidak bisa menjaga rahasia, karena setiap rahasia Miiko pasti dibocorkannya ke orang lain. Dia juga blak-blakan dan suka bicara kasar sehingga teman-temannya kurang suka padanya. Keduanya sama-sama pendek, tetapi badan Mari sedikit lebih gemuk dibanding Miiko.

* Ogawa Yuuko(Yukko) yang baik, pintar, dan penyabar. Pacarnya Kenta, dan sangat setia padanya. Buktinya ketika dia menerima surat cinta dari anak SMP dia menolaknya karena dia lebih memilih Kenta.

* Satou Kenta, pacar Yukko, anak tukang roti. Sahabatnya Tappei. Suka menggoda Tappei dengan Miiko. Sangat mengagumi Yukko yang cantik dan keibuan.

* Eguchi Tappei yang suka jahil, populer di kalangan perempuan di kelas maupun luar kelas. Walaupun suka berantem dengan Miiko, tapi mereka berdua saling suka. Hanya mereka berdua masih malu-malu!

* Tanimura Miho, gadis cantik yang menyukai Tappei. Akibatnya menganggap Miiko sebagai rival cintanya.

* Nomura Yoshiki, cita-citanya menjadi sutradara. Meskipun tampangnya suka memberengut, tapi hatinya baik. Tingginya sama dengan Miiko dan Mari. Ia menyukai Miho.

* Yamada Mamoru, adik Miiko yang pintar, agak sedikit dewasa daripada Miiko. Akibatnya Mamoru selalu memanggil langsung namanya tanpa memanggil kakak. Contohnya, "Miiko! Sini Miiko!"

* Yuka Kobayashi, pacar Mamoru. Ia disukai pula oleh Shinji, teman sekelasnya. Anaknya manis, lemah lembut, dan cantik. Pernah cemburu kepada Miiko, karena Mamoru akrab dengan Miiko dan tak pernah memanggil kakak.

* Yoshida Ikuya, cowok kalem dan pintar yang sangat menyukai Miiko.

* Yamada Rie, ibu Miiko dan Mamoru. Ibu yang lumayan cuek dan tidak perhatian, tapi selalu bersemangat. Bekerja sebagai editor komik.

* Yamada Kosuke, ayah Miiko dan Mamoru. Ayah yang baik dan perhatian, selalu memanjakan Miiko. Bekerja sebagai wartawan.

* Yamada Momo, adik Miiko dan Mamoru yang baru lahir di jilid 19. Diceritakan bahwa ia dilahirkan dengan jalan berliku.

Pada umumnya, cerita ini menggambarkan keseharian anak SD yang ceria dan polos. Namun, tentu saja diselingi oleh kisah percintaan Miiko dan Tappei (sebetulnya mereka berdua saling suka, tapi masih malu-malu)

Sang pengarang sangat pandai menggambarkan situasi yang dapat membuat pembaca tersenyum, bahkan tertawa melihat kepolosan tokoh-tokohnya . Manga ini dikarang oleh Ono Eriko.

Dan di setiap komik, selalu ada bonus cerita yang mengisahkan sang pembuat komik.

Sekarang Miiko dan Mamoru sudah punya adik perempuan, namanya Yamada Momo. Lahir tanggal 9 Januari. Anaknya lucu, sampai-sampai Mamoru tidak bisa bernafas karenanya. Di jilid 20, Momo sudah bisa bilang "Mi" yang berarti "Miiko".

*copy paste dari wikipedia :D

Komentar