Proposal Penawaran


 Proposal Penawaran
Sistem Informasi Dharma Wanita

1. Latar Belakang
Dharma Wanita Persatuan (DWP) adalah organisasi kemasyarakatan yang menghimpun dan membina istri Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan kegiatan pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya. Dharma Wanita ditetapkan pada tanggal 7 Desember 1999 pada Munas Luar Biasa Dharma Wanita di Jakarta. Tujuan dari DWP sendiri yaitu membina anggota dan memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak, serta meningkatkan kepedulian sosial.
Anggota organisasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) adalah semua istri PNS di Indonesia yang meliputi istri PNS, istri pejabat negara bidang pemerintahan, istri pensiunan dan janda PNS, istri pegawai BUMN atau BUMD, istri pensiunan atau janda pegawai BUMN atau BUMD, istri kepala perwakilan Indonesia di luar negeri, istri perangkat pemerintah desa, istri TNI, istri POLRI, dan pensiunan PNS wanita.
Saat ini, Dharma Wanita Persatuan (DWP) sendiri telah mengolah data yang ada di setiap kegiatan dalam bentuk digital. Hal tersebut dapat dilihat dari laporan keuangan yang sudah dibuat dan diproses dalam bentuk berkas. Hal ini membuat data-data yang ada rentan terhadap ancaman seperti virus, data korup, dan sebagainya. Karena itulah, perlu dibuat suatu sistem informasi yang dapat memudahkan manajemen informasi yang ada di dalam Dharma Wanita Persatuan.
Sistem informasi yang akan kami implementasikan meliputi semua hal yang berkaitan dengan kegiatan yang diadakan Dharma Wanita Persatuan (DWP). Beberapa hal diantaranya meliputi kegiatan sosial yang dilakukan, laporan keuangan, informasi rapat, dan juga data info pengurus.
Sistem ini akan menyimpan semua detail dan informasi dalam suatu database terintegrasi. Hal ini tentunya akan memudahkan pengaksesan dan juga menghemat waktu dibandingkan sistem konvensional. Antar muka dari sistem ini sendiri akan didesain sesimpel mungkin sehingga memudahkan pengguna dari sistem ini.
Kehadiran sistem ini tentunya akan lebih meningkatkan kemudahan dalam pengaksesan informasi terkait Dharma Wanita Persatuan (DWP). Dengan beralih ke sistem yang kami rancang, Dharma Wanita Persatuan (DWP) akan mendapatkan keuntungan seperti menghemat banyak waktu, meningkatkan ketelitian, dan juga meningkatkan keamanan. 

2. Maksud dan Tujuan
Maksud dari perancangan perangkat lunak ini berfungsi untuk menangani pengelolaan data Dharma Wanita yang umumnya belum digital dan juga untuk membantu pengenalan Dharma Wanita kepada masyarakat umum.
Tujuan dari sistem ini yaitu agar dapat melakukan beberapa hal sebagai berikut:
1.     Menampung informasi Dharma Wanita Se-Indonesia yang memiliki informasi seperti kegiatan, data koperasi, data pengurus, lokasi cabang Dharma Wanita lain, dan informasi lainnya.
2.     Menjadi media yang dapat memberikan laporan dalam bentuk digital kepada para pengurusnya.
3.     Menjadi media pemberitahuan yang dapat diakses dimana saja dan tidak terikat oleh waktu atau individu yang menggunakan.

3. Sasaran
Sasaran proyek ini yaitu tersedianya Sistem Informasi Dharma Wanita Persatuan Indonesia sehingga dapat mendukung jalannya kegiatan-kegiatan yang ada dan menghimpun seluruh berita-berita acara yang telah dilakukan guna memberi informasi kepada masyarakat umum.

4. Standar Teknis
Standar teknis yang menjadi acuan pembuatan Sistem Informasi Dharma Wanita ini antara lain:
  •  Open Source Platform
Open Source Platform adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu individu / lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan source-code yang tersebar dan tersedia bebas di Internet.
  • Framework web menggunakan Laravel karena mempunyai banyak fitur dan lebih mudah digunakan, dan juga untuk mempermudah proses pengembangan dan perbaikan.
  • Database menggunakan MySQL yang dapat menyimpan dan melakukan query data serta merupakan openSource
  • Untuk design sistem menggunakan Power Designer, yaitu software yang awam digunakan untuk mendesign suatu sistem.

5. Lingkup Kegiatan
Secara umum, kegiatan-kegiatan yang tercakup dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan Sistem Informasi Dharma Wanita adalah:
1) Tahap 1: Perancanaan dan Persiapan Pelaksanaan Pekerjaan. Pada tahap planning akan terjadi proses seperti inisialisasi Dharma Wanita Persatuan, definisi formal, dan uji kelayakan. 
2) Tahap 2: Analisis Struktur dan Proses Bisnis. Disini, seluruh kebutuhan harus bisa didapatkan, termasuk didalamnya kegunaan software yang diharapkan pengguna. 
3) Tahap 3: Desain. Yaitu memberikan gambaran tentang bagaimana tampilan yang nanti akan terjadi dan apa saja yang harus dikerjakan.
4) Tahap 4: Implementasi. Di tahap inilah kita memulai melakukan pemrograman.
5) Tahap 5: Integration & Testing. Di  tahap  ini  dilakukan pengujian agar mengetahui telah sesuai dengan keinginan dan desainnya. 
6) Tahap 6: Pemeliharan. Pemeliharaan yang dimaksud disini termasuk dalam memperbaiki kesalahan yang mungkin tidak ditemukan pada langkah sebelumnya

6. Keluaran
Keluaran dari pembuatan Sistem Informasi Dharma Wanita ini yaitu:
  • Aplikasi sistem informasi Dharma Wanita Persatuan Indonesia
  • Dokumen hasil analisis (softcopy dan hardcopy)
  • User manual
  • Pelatihan dan pemeliharaan 

7. Waktu Penyelesaian Kegiatan
Jangka waktu pelaksanaan yaitu 4 bulan, 1 April 2017-1 Juni 2017.

8. Identifikasi Permasalahan 
Identifikasi permasalahan yang menjadi daar pembuatana Sistem Informasi Dharma Wanita sendiri yaitu:
         1. Belum adanya informasi terintegrasi yang menampung seluruh pendataan dan info-info menyeluruh tentang Dharma Wanita yang ada di seluruh Indonesia, yaitu informasi seperti kegiatan, data koperasi, data pengurus, lokasi cabang Dharma Wanita lain, dan informasi lainnya.
         2. Masih digunakannya media tulis tangan / pencatatan manual, dan belum adanya media yang dapat memberikan laporan dalam bentuk digital kepada para pengurusnya. 
         3. Belum adanya media pemberitahuan untuk para pengurus dharma wanita yang dapat diakses dimana saja dan tidak terikat oleh waktu atau individu yang menggunakan.

9. Pengalaman Membangun Aplikasi
Beberapa pengalaman kami dalam membangun aplikasi adalah pembuatan tugas Final Project dari mata kuliah Pemrograman Web, Pemrograman Berbasis Objek, Analisis Perancangan Sistem Informasi, Jaringan Multimedia, Manajemen Basis Data, dan pengerjaan web dari tugas-tugas lainnya.

10. Penutup
Demikianlah proposal penawaran Sistem Informasi Dharma Wanita.


Komentar