Senin, 04 Juni 2012

Dee: Supernova

hellooooo~~
sekarang gua mau resume buku nya Dee yg judulnya SUPERNOVA


jadi ceritanya, dari kemaren kemaren temen gua yang namanya papaw, dia beli buku supernova 1-4 yaitu: kesatria, putri dan bintang jatuh, akar, petir, sama partikel. sebenernya buku supernova ada 6, tapi baru keluar sampe 4. yg partikel baru keluar 2012 ini, tapi 1-3 nya udah keluar dari 2001 coba. gila dipending abis ya. tapi mereka semua di perbaharui. secara ngeliat buku begitu, gua pasti minjem, covernya lucu lagi item2 mistis gitu. 

gua baca dulu dari satu yang judulnya kesatria, putri, dan bintang jatuh.
 
pikiran pertama gua yaitu.... anjrit nih buku berat banget. gilaaaaa foot note nya setengah halaman kali, banyaaaaaaak banget penjelasan ilmiah yang susah banget, jadi nih buku ngegabungin banyak pelajaran, dari sains, spiritualm, sosial, banyak banget deh pokoknya. gua sampe pusing. tapi itulah daya tarik ini buku, dari gaya bahasanya Dee yang enak banget (gua udah suka Dee dari jaman perahu kertas, terus lanjut ke Madre) keliatan banget gitu si Dee orang intelektual bangeeeeeeeeeet100000xxx. yang kesatria, putri, dan bintang jatuh bercerita tentang Diva, sang jablay yang pinternya naujubilah, terus ada juga ruben dan dimas, pasangan gay yang so swit, gapernah umbar jijik2an yang biasanya kita tau dari sisi gay, gua seneng banget liatnya. bukan karena apa, tapi karena mereka bersatu gara2 mereka pinter, kece deh pokoknya. jadi yg buku pertama itu kayak nyeritain buku dalam buku, tapi kayak bukan buku dalam buku, sampe sekarang juga gua gangerti maksud itu cerita apa. gua kira si ruben dimas itu bikin buku tentang diva dkk, tapi kok.... ah pokonya seru deh, lu lu pada harus pada baca!!!

terus buku yang ke 2. Akar. 
 ceritain tentang Bohi yang lahir di kalangan buha gitu. dia vegetarian, ga ngerokok, ga nyimeng, dkk, bersih deh pokonya, terus serba gatau deh, tp sekarang dia tinggal di kalangan anak punk. alur ceritanya flashback gitu. di buku ini diceritain tentang penjelajahan dia ke berbagai dunia, dari indonesia, thailand, sampeeeeee ke indonesia lagi. perjalanan ceritanya tuh seru banget, pembawaan dia juga hebat. dia banyak ketemu orang hebat selama perjalanan hidup dia itu, dan dia sekarang jadi tukang tatto gitu deh, baca ya!
.
terus di buku ke 3, petir, ceritain tentang elektra.
 
elektra ini pembawaannya pemaleeees banget, ceplas ceplos gitu, keturunan china, kerjaannya tidur siang, dia juga ada ketertekanan batin gara-gara keluarganya gitu. setelah ditinggal kawin sama kakaknya ke tembagapura, dia tinggal sendiri dan nganggur di bandung dengan rumah gedenya, ntar akhirnya pokoknya dia jadi hebat, jadi punya bisnis gede sama temennya yang namanya Toni, dll, dan dia punya keahlian nyembuhin orang degan energi listrik yang ada di badannya setelah ketemu ibu ibu gitu. disini kebanyakan ceritain tentang alam spiritual gitu, dia kebanyakan semedi gitu, eh bukan semedi, pokoknya yang sejenis itu, seru sih, gaya si Elektra yang keturunan cina nya ini lucu, berlatar tempat nya di bogor looooooh. must read!

dan yang terakhir tapi belom terakhir (?) yaitu partikel.
 ini buku yang paling tebel dari ke empat seri ini, yang paling lama vakum, dari 2003 sampe 2012, berapa  tahun cobaaaaa? kalo ini bercerita tentang Zarah, anak yang dilahirkan dari keluarga islam, tapi dididik dengan cara yang berbeda dari anak anak lain sama bapaknya yang pinter mampus. ini buku sebenernya bagus, pinter banget lagi isinya, tapi gua paling gasuka samma seri ini, aduuuuuuuh rada kemana mana gitu mikirnya, masa dibilangnya kita itu semua makhluk hidup sebenernya semua berasal dari fungi. iya, jamur. gua juga ga ngerti kenapa si Dee mikirnya sampe ke situ. tapi di buku ini dijelasin kenapa bisa sampe begitu. tapi tetep aja ga logis woooooy haha, terus secara ga langsung ini buku rada ngajak kita untuk berpikir bahwa orang beragama itu salah, terlebih agama islam, karena si tokoh utama, Zarah sendiri memihak kalo dia lebih baik atheis gitu. sebel ajaaaaa islam rada dijelek2in gt, banyak juga unsur yang bisa bkin kita mikir ke arah situ, tapi keseluruhan, ini buku keren banget. dia ceritanya berusaha untuk nyari ayahnya yang hilang gitu sampe ke luar negeri, an Zarah ini sangat cinta sama alam, terus di London itu di nemuin tentang dunia spiritual, ilmu fotografi, persahabatan, seksualitas, penghianatan, dll. banyak lah. harus baca!

terus, apa hubungannya sama Supernova? jadi, sebenernya mereka semua itu terhubung, si Diva, Bodhi, Elektra, dan arah, mereka itu para supernova gitu kayaknya mah (dari yang gua baca dan gua tangkep), jadi mereka itu kaya ada yg ngirimin pesan gt isinya blablabla dan dibawahnya aa tulisan :
"selamat menjadi: S"
gituuuuuuuuuuuu, gua juga ga ngerti, baca aja deh!

oh iya, dan buku ini juga nyambung nyambung gt sama buku2 dia sebelumnya, ngeselinnya, di partikel endingnya ngeselin banget nge gantunginnya, gantung banget! bikin penasaran!

pokoknya, Dee, ditunggu yaaaa buku Gelombang dan Intelejensi Embun Pagi nya!

Tidak ada komentar: