Manajemen Biaya

Manajemen Biaya Pembangunan Sistem Informasi Dharma Wanita


Tahapan  Manajemen Biaya Proyek PL

Terdapat 4  tahapan dalam biaya  manajemen proyek yaitu:
  • Cost Planning/ Perencanaan Sumber Daya - menentukan sumber daya (orang, peralatan, bahan) dan jumlah dari masing-masing Sumber daya yang harus digunakan untuk melakukan kegiatan proyek. 
  • Cost Estimating/ Perkiraan Biaya - mengembangkan perkiraan (estimasi) biaya dari sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan kegiatan proyek. 
  • Cost Budgeting/ Penganggaran Biaya - mengalokasikan perkiraan biaya keseluruhan untuk aktivitas kerja individu. 
  • Cost Controlling/ Pengendalian Biaya - pengendalian perubahan anggaran proyek

Tools Estimasi Biaya

Ada beberapa teknik untuk memperkirakan biaya yang dibutuhkan dalam proyek perangkat lunak, antara lain : 
  • Analogous Estimates ( Top Down Estimates) - Mengestimasi biaya proyek berdasarkan biaya aktual dari proyek sebelumnya yang dianggap “mirip” dengan proyek yang akan dikerjakan
  • Biaya Satuan - Dapat menggunakan standart tertentu. Misalnya INKINDO (Ikatan Nasional Konsultan Indonesia)
  • Bottom Up Estimates - Estimasi berdasarkan setiap paket kerja terkecil dan menjumlahkan seluruhnya hingga diperoleh biaya total dari sebuah proyek
  • Parametric Modeling - Estimasi biaya proyek dilakukan dengan memanfaatkan model matematik digunakan  pada keaadaan dimana  parameter dapat dikuantifikasi dan ada informasi dasar untuk membuat  model yang akurat. Contoh :  Jumlah keluaran, jumlah transaksi, jumlah modul, jumlah jam kerja, dll 
  • Analisis Dokumen Lelang Vendor - Menggunakan dokumen lelang yang diajukan oleh vendor untuk mengestimasi biaya.
Berikut ini adalah manajemen biaya pembangunan Sistem Informasi Dharma Wanita:

Cost Planning
 
Cost Estimating



Cost Budgeting



Cost Controlling
 

Komentar