Manajemen Biaya
Manajemen Biaya Pembangunan Sistem Informasi Dharma Wanita
Tahapan Manajemen Biaya Proyek PL
Terdapat 4 tahapan dalam biaya manajemen proyek yaitu:
- Cost Planning/ Perencanaan Sumber Daya - menentukan sumber daya (orang, peralatan, bahan) dan jumlah dari masing-masing Sumber daya yang harus digunakan untuk melakukan kegiatan proyek.
- Cost Estimating/ Perkiraan Biaya - mengembangkan perkiraan (estimasi) biaya dari sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikan kegiatan proyek.
- Cost Budgeting/ Penganggaran Biaya - mengalokasikan perkiraan biaya keseluruhan untuk aktivitas kerja individu.
- Cost Controlling/ Pengendalian Biaya - pengendalian perubahan anggaran proyek
Tools Estimasi Biaya
Ada beberapa teknik untuk memperkirakan biaya yang dibutuhkan dalam proyek perangkat lunak, antara lain :
- Analogous Estimates ( Top Down Estimates) - Mengestimasi biaya proyek berdasarkan biaya aktual dari proyek sebelumnya yang dianggap “mirip” dengan proyek yang akan dikerjakan
- Biaya Satuan - Dapat menggunakan standart tertentu. Misalnya INKINDO (Ikatan Nasional Konsultan Indonesia)
- Bottom Up Estimates - Estimasi berdasarkan setiap paket kerja terkecil dan menjumlahkan seluruhnya hingga diperoleh biaya total dari sebuah proyek
- Parametric Modeling - Estimasi biaya proyek dilakukan dengan memanfaatkan model matematik digunakan pada keaadaan dimana parameter dapat dikuantifikasi dan ada informasi dasar untuk membuat model yang akurat. Contoh : Jumlah keluaran, jumlah transaksi, jumlah modul, jumlah jam kerja, dll
- Analisis Dokumen Lelang Vendor - Menggunakan dokumen lelang yang diajukan oleh vendor untuk mengestimasi biaya.
Cost Planning
Cost Estimating
Cost Budgeting
Cost Controlling
Komentar