Rabu, 15 Mei 2013

15 April 2013, PPM (Praktek Pengabdian pada Masyarakat) \m/

besok harinya, kita bangun (iyalah bangun)

rumah bu erah alhamdulillah lengkap untuk kita tinggali, alhamdulillaaaaaaaaaaaaaah banget.
air banyak sampe meluber luber (lirik kelompoknya acing dkk), dapur bagus, paling mesin cuci sama kulkas doangan, tapi not a big problem lah.

ohiya, setelah bangun dengan badan kretek kretek, kita semua solat diimami kakek, sweet bgt kan ;)

abis itu kita tidur lagi.... 

inilah yang bikin kita telat kemana mana pada hari pertama ini. abis kita udah ngumpulin nyawa, kita masak sup baksooooo (yang pastinya diimami oleh intan, sang juru masak).


oiya, gua punya pengumuman, tomat dikasih gula itu enak banget demi Allah demi Rasulullah. oke ini alay tapi gapapa deh skip....

di sini, gua bantuin motong2 bahan (lagi) dan bantuin makananin tomat pake gula. waktu kita makan, pak munaji dateng jenguk~

abis makan kita langsung mandi, karena harusnya lebih pagi jadinya kita ke paud cuma berenam: hani, hana, gua, ule, amy, ifa, dan yang lainnya ngelanjutin mandi. kita ke paud Tulip, paud yang diurus sama bu Erah juga, dan paud ini diketuai oleh kak Naim sendiri.



disini, kita masih kenalan doang dan bantu2 ngeribetin-_- kita cuma bantu ngeliatin anak-anak paud yang ngewarnain. gua bantu ngeribetin, mau foto2 sama anak2 bocil yg unyu unyu parahhhhh.





gua seneng sama anak yang namanya Cindy. dia lucu deh pokoknya. dia pinter bangettt, tapi ortunya udah gaada sehingga dia diurus sama neneknya, dan gua juga seneng sama anak ini, namanya Agil Pratama, ganteng parahhhh, ini fotonya


terus, setengah dari kita ke pasar, beli perlengkapan sehari-hari kayak roti, saos, ikan asin, sayur asem, dan nyampe rumah, kita masak makan siang yaitu nasi, sayur asem, ikan asin kacang.
dan setelah diitung2, kita di hari pertama udah ngabisin kuranglebih 850rb-____________-
kita meledak di nasi kuning, dan kita akhirnya makan kebesokan harinya dengan apa adanya T.T

nah, selain yang ke pasar, ada yang jalan keliling kampung bersama ka Nufus (yang ternyata guru paud NF) dan dipandu ka naim. disini mereka pada nandur (tanam mundur) padi di sawah, liat orang makan lewat kebun singkong, ke sungai tempat irigasi, nyebrang sungai, jalan lewat hutan, liat makam, tiba di sawah lain, lewat kebun bonteng punya Sodri, nyebrang sungai, sandal ule hanyut dan ka naim berenang ngambil sandal ule, dan jalan sampai belakang rumah bu erah.







kenapa mereka?
karena GUA GA IKUUUUUUUUUUUUUUUUT!!!
gua lagi molor dan ditinggalin T^T gua akhirnya ngambek sambil makanin tomat gula.

setelah itu kita solat zuhur, dan abis itu kita ke madrasah diniyah diantar bu erah untuk izin, ngambil materi buat ngajar besok.



karena gua masih ngambek, gua tinggal di rumah makanin tomat gula. nah, pulang dari madrasah diniyah, ada yang ngobrol sama guru paud sama bu erah, ada yang mampir ke warung makan cinta sama mie rebut (ini nama jajanan, namanya ciki cinta (isinya kerupuk gitu) sama mie rebut (gua juga belom pernah nyoba)) dan akhirnya pulang ke rumah bu erah


setelah solat asar, kita diberi kejutaaaan (lebay) dengan kedatangan pa munaji sama bu ai \^^/ 

akhirnya, kita makan siang sama pa munaji sama bu ai. kata pa munaji, masakan intan enaaaaaak. kita masak sayur asem disini. lalu pa munaji pulang, kita ngobrol sama bu erah sama bapa (yang ternyata pernah tinggal di jepang selama 5 tahun, keren mampussss) sambil makan, lalu mandi sore (yang di hari selanjutnya mandi sore hanya berlaku bagi orang yang belom mandi pagi) lalu solat magrib diimami kakek lagi.

nah, abis magrib kita juga punya kegiatan, yaitu ke tempat ngaji, kia disini masih nyimak bocah bocah ngaji, terus ngobrolngobrol, main-main ama bocah, dan pulang.


lalu kita makan malam bersama singkong goreng, lalu kita solat isya. dan habis solat isya, kitaaaa..... 

ke tempat MBB!!!





MBB adalah mari belajar bersama, disini semua anak anak ngumpul,dari kelas 1 sd sampai 9 smp. kita hari ini belom belajar ehehehehe, biar kenal dulu, kita main kuda bisik, main jongkok-kalo-lagu-berenti, terus baru deh kita tanyain...

"eh eh, besok besok malem, maunya belajar atau maiiin??"

semuanya kompak "BELAJAAAAAAR"

anjir, seneng bgt gua, semangat belajar mereka tuh ternyata emang tinggi banget, disini juga ngumumin latian saman juga. lalu kita pulang, lanjut antri mandi, nyuci (pake tangan, iya, pake tangan tholibah, PAKE TANGAAAAAAN, gua setres banget disini, gangerti harus ngapain, capek bgt T^T gua setres setiap mandi, dan ternyata cara gampangnya yaitu.... direndem, dibilas, dijemur. sabodo deh mau masih kotor apa engga, yg penting gua pake baju)

dan abis itu kita tidur.

14 April 2013, PPM (Praktek Pengabdian pada Masyarakat) \m/

oke, setelah sekian lamanya gua ga ngepost disini, mari kita awali kegiatan ngeposting-blog-yang-mungkin-postingan-ini-gabakal-diliat-seorang-pun ini dengan membaca basmalah.

basmalah.

selanjutnya dilanjutkan dengan membaca tilawah yang akan dibacakan oleh Nurhanifah Hamdah.

ok udahan ngaconya.

jadi, gua sekarang mau nyeritain tentang..... 

*bunyi drum*

PPM (Praktek Pengabdian pada Masyarakat)!!!!

yeppeeeeeeeey \(','\)\(',')/(/',')/

apaan tuh? 

PPM ini adalah program dari Binsan (Binaan Santri) yang programnya narok anak2 pesantren ini di desa-desa yang masih tertinggal pendidikannya dll selama seminggu penuh, dan anak2 pesantren ini bakal ngadain banyak program seperti bimbel, lomba-lomba, baksos, posyandu, dll dll.

pasti lu mikir gabakalan seru deh ya ngurus2 desa orang.
 tapi salah banget.
mungkin ini salah satu pengalaman hidup gua yang gabakal dilupain.

pokoknya, anjrit, seru banget.

oiya, di post ini gua bakal bertele tele, gua bakal nulis kegiatan gua 1 hari 1 post. karena minggu kemaren itu gua gaada modem sehingga gua gabisa ngepost semingguan penuh, jadi gua ngepostnya sekarang aja.

oiya, jadi di kelompok ini ada
Selena Gomez a.k.a Rara, Ule (ketua kelompok), Hani, Hana, Pute, Amy, Ifa, Diana (gaikut) Bayi, Intan. bersepuluh, tapi yang cabut ke sana cuma bersembilan, diana gaikut, sakit ceunah mah.

dan kita dapet desa Kadubeureum di kampung Pasir Ceuri!!!!

awalnya kita dioper2 gitu, setelah 2 kali pindah rumah, dan setelah survey, kita dapet di rumahnya bu Erah.

dan langsung ke keberangkatan.


kita berangkat naik angkot, mpet2an, karena barang bawaan kita super duper banyak, udah kaya mau pindahan rumah. setelah melewati banyak gojlokan dan si amy tangannya kena duri karena gabisa diem, kita nyampe rumah bu erah. kita disambut dengan ramah, alhamdulillah. dah, abis itu kita ngobrol2 kenalan, basa-basi, terus langsung ke tujuan awal, yaitu masak nasi kuning untuk warga sekitar.

 setelah solat (dan ternyata gua uzur-_-), kita langsung masak nasi kuniiiiiing! 

kita bikin 48 kotak nasi kuning yang isinya nasi, tempe,telor, sama sambel. gua udah berasa pro banget nih disini padahal cuma bantuin motong2 bumbu sama motong tempe-___-















akhirnya 48 kotak itu jadi, dan kita keliling ke beberapa tetangga sekalian minta diterima di desa ini.


alhamdulillah responnya bagus.

oiya, di tengah kita masak, kita dikejutkan karena ternyata bu erah adalah kakaknya babang Vidi (babang Vidi itu babang yang sering bantuin sound di nf kalo ada acara besar) dan ule langsung temu kangen gitu hahaha gua sih gakenal-_-

terus waktu di tengah masak, kita didatengin sama koor pemuda, namanya ka Naim, dia baik bgt alhamdulillahnya mau bantuin segala program kita disini, baguslaaah.

dan abis itu kita tidur~~ tepar abis masak ._.

Minggu, 12 Mei 2013

Mimpi Februari-Maret

nih gua ceritain dulu. seperti yang udah gua bilang di post introducing me, gua emang orang yang punya dosis mimpi berlebih. gua setiap tidur pastiiii mimpi, pasti. waktu gua tanya temen-temen gua apakah mereka kaya gitu juga, kayanya engga. mimpi aja pada jarang, apalagi nginget2. gua pernah beberapa kali ngepost mimpi gua kok.

gua sih seneng-seneng aja punya dosis mimpi kayak gini, seru aja gitu, kayak nonton film. gua sering banget tiap bangun tidur pagi pagi, langsung ngomong...

"eh eh tadi gua mimpi seruuuu banget"
"mimpi lagi ra??"
"....."

oh iya, random dikit, gua pernah dimimpiin juen (@juentd) jadi model loh, 3 kali woy, 3 mimpi. kayaknya emang takdir gua jadi model deh....

dan ini karena kelakuan gua yang aneh, gua nyatetin apa apa aja mimpi gua setiap hari di bulan Februari sama Maret. gausah heran, gua emang agak absurd. sebenernya iseng aja sih hahahaha pingin tau gua berhasil nginget semua mimpi gua apa engga-_- jadi kegiatan gua pagi-pagi sebelum kemasjid yaitu nulis mimpi di binder gua sambil setengah sadar hahaha-___-

oke ini random bgt.

1 Februari: 1. mimpi digebok Arfah (@arfahaha) sampe conge'an.
2. dapet sms hantu-hantuan.
2 Februari: mimpi anak nf keracunan beng-beng se tholibah angkatan 10
3 Februari: mimpi RaKhaFa (toko gua di rumah) mau dicuri sama 2 orang cowok, ada baku tembak, gua nelpon polisi, & mereka tertangkap
4 Februari: mimpi orang-orang negro yang kerja di pertamina dipecat dan gapunya paspor, mereka ga bisa pulang dan entah kenapa ngerusuhin asrama zaenab
6 Februari: di zaenab di kasih penanting ga enak, katanya itu tuh surprise, eh ternyata dengan kita makan penanting-ga-enak itu kita bisa ketemu one direction
7 Februari: mimpi ada temen SMP gua bilang kalo cewe itu kalo pake baju ngasal (berantakan gitu) dan dia sambil ngeliatin gua sambil membenarkan statement yang dia utarakan tadi. di mimpi aja sempet2nya gua di ejek-_-
8 Februari: 1. gua jadi cewe di meteor garden, si Budi jadi suami gua endingnya hahaha-_-
2. waktu lagi sidak, gua udah ngumpetin laptop, laptopnya udah ditaro di tempat baju kotor, eh lupa diambil
3. mimpi dibenci kakak2 kelas garagara suka makan berdiri, gua dibully gitu deh
9 Februari: se NF ada rihlah, papaw (@nabilafawzia) jadi pembantu, terus kita disitu mau buat film kelas, terus si rania (@raaniaamaani) ngambek. gajelas nih mimpinya-_-
12 Februari: gua mimpi ke so sweet an antara Febri (@apebreeh) dan Fais (mantannya). so sweet bgt pokonya.
13 Februari: 1. waktu liburan ga di sms sms sama budi (@orangjahat hahaha bohong ding) padahal udah 3 hari berlalu. plis ra-_-
2. ada kelompok short adv. di lomba flight yang mau ngapus videonya, padahal like nya udah banyak
lupakapan: mimpi lagi ulangan fisika, gua buka buku, dan ulangannya boleh bawa ke asrama
lupakapan2: 1. mimpi gua rebutan cowo sama Rana (@k_sajarana) sama Tanisa (@tanisa_L) juga.
2. umi nanya di hape gua ada rekaman suara siapa, gua speechless-____- hahahahaha kalo ini beneran kejadian gua juga bakalan speechless beneran kali HAHAHAHAHAHA


8 Maret: lupa, pokonya galau aja. bangetttt.
10 Maret: punya adek namanya Putra, kembaran sama Caca, dititipin di rumah eyang, dan kita tuh ga pernah ketemu, kayak anak yg terpisah gitu loh, dan putra itu lebih kecil daripada caca padahal kembar, gua juga gatau kenapa gini mimpi gua.
12 Maret: mimpi alarm amel rusak, bunyi mulu ga berenti berenti, fuckin annoying pokoknya
13 Maret: 1. mimpi jadi sulli di film TTBY HAHAHAHAHA geblek, disini gua pura2 jadi cowok tapi di mimpi gua pake mukena untuk menyamarkan identitas gua, atuh harusnya ke gep ya hah gua juga gangerti, trus ga ke gep lagi. kece.
2. mimpi jadi awak pilot, seru terus yang naik pesawat itu anak-anak basket bersama pak heru nya
3. mimpi ada Maruto Agil Doni solat di tbh gara-gara flight, maruto solatnya 1 shaf sama tbh, terus pake mukena sori to gua juga gatau lu kenapa begini hahahaha, terus agil kemana mana pake jaring ikan di mukanya-_-
17 Maret: gua sama Indah (@indahshafira) belanja kemana mana, terus gua iin ke wc yang jelek banget, waktu mau mandi harus ngumpet-ngumpet dulu. abis itu gua dkk pasang pasangan, disuruh tahan-tahanan dingin di tempat es gitu, ada yang mati ada yang idup. anjir random bgt.
18 Maret: gara gara si vije (@firafirnis) umroh, jadinya hape ile nya (ga ile beneran kok) gua yang nyimpen, terus ada sidak, terus gua matimatian ngumpetinnya hahaha
19 Maret: banyak banget, nyampur-nyampur. salah satunya itu fheby papaw isrop dll dll telat sekolah, terus akhirnya mereka kejar kejaran sama ustad sampe keringetan gitu deh
20 Maret: mimpi jadi anak basket, menang ronde ronde awal (ronde siah ra dikiran mau tinju apa), terus galau mau lanjut apa engga, mau dispen apa/ engga, abisnya lagi uts, males susuulan lagi
22 Maret: 1. mimpi, di kiki.com (gatau kenapa kiki.com, ngasal bgt ya-_-) ada game-game gitu, si edeng (@elzadhea) sering main game disitu, terus ternyata bisa ngitung berapa banyak stalker kita di twitter, terus banyak game sadis juga
2. gua, indah, nandri (@nandri10), sama 2 tholib gatau siapa kayak bikin geng gitu. kita ngerjain apa-apa bareeng, terus kita ke daerah-daerah pelosok nf gitu, terus kita main ujan bareng. sweet lah pokoknya
23 Maret: ngeri, gua mimpi waktu gua keluar asrama, rambut gua keliatan jelas sama 2 tb, nama disamarkan.
24 Maret: mimpi lagi study tour terus cabut ke rumah gurita. nanti gua ceritain selengkapnya di post lain, ini mimpi seru bgt deh
26 Maret: mimpi lagi jalan ke mal terus beli permen yang harganya cuma berapa perak, gua borong deh. dasar ya jiwa emak-emak, ga di RL ga di mimpi sama aja-___-
28 Maret: mimpi usth rima (@rimaoong) mau balikin flashdisk, tapi entar abisnya belom dipindahin datanya
30 Maret: mimpi Gaora (@gaorazahra) sama pute berantem, seru.

kalo ada beberapa hari yg ga gua tulis, berarti gua lupa gua mimpi apaan hahahaha-________-

Jumat, 10 Mei 2013

binder

gatau mau nge post apaan. jadinya mau ngeliatin isi binder gua.

ini tuh gapenting bgt demi Allah deh.

jadi, gua tuh tuh emg orang yang hobi banget ngoprak ngaprik binder, curcol di binder, nyoret2 binder. iya, binder yg isinya loose leaf putih loh (yakali masih pake yang harvest adinata dkk dkk hahaha terus ntar gua tukeran bidot gitu ya sama temen gua terus ngisi MiFa MaFa-___- #flashbackSD) 

kalo nih binder ilang gua bakal nangis kali. sempet ilang beberapa kali, tapi ketemu. ketinggalan di labkom, ketemu lagi. emang jodoh kalinya.

kenapa takut ilang?
karena, segala to-do list gua ada di sini, pengingat2 gua ada disini, fyi gua orangnya pikunan, jadi sering bgt lupa tugas atau apapun itu, jadi gua lebih suka nge list dan nge list. makannya di binder gua bawa kemana mana.

gua punya 2 binder, 1 buat to-do-list, yang satu buat curcol


ini gambaran Abi (@nisrinabi) buat gua, HIDUP SHAWOOOL!!

 ini waktu jaman-jamannya flight hahahahaha


ini tuh nomor meja gua dari kelas 10 awal sampe sekarang. penting siah ra-_-


ini coret-coretan acing @atikanurina 


ini proklamasi waktu jaman MHMMD seinget gua hahahaha yang sekarang udah gapernah dilakuin lagi


ini segala to-do-list gua


ini semua post-it yang dikasih ke gua dari kelas 10 sampe sekarang

Kamis, 09 Mei 2013

Alhamdulillah, 17 tahun.

disaat semua remaja remaja ngerayain ulangtahun sweet seventeen nya dengan party-party ala hura hura...




dan gua di asrama malah disiram oatmeal + jus jambu + penanting pagi + susu bubuk + air + segala macem air bau. lemari gua digulingin. kunci lemari baju, semua baju di lemari, guling, bantal, bedcover, boneka, alat mandi dan handuk di umpetin. 

makasih tholibah, kalian emang yang paling beda dari yang lain.....
makasih............

tapi ini serius makasih, bukan ironi kok. gua ga marah sedikitpun diginiin, gua udah tau adat istiadat anak nf setiap ada yg ulang tahun ya emang diginiin hahahahaha

ini keadaan kamar gua waktu ulang tahunnya Gaora @gaorazahra (yang untungnya baju gua ga diberantakin kayak gini):








semoga gua jadi orang yang lebih baik di umur ke 17 ini. amin ya rabbal alamin.
makasih ya Allah udah ngasih rara umur sampe sekarang :*****

Semangat Belajar Anak Bangsa


Belajar. Mungkin itu kata yang kerap kali kita dengar di kehidupan kita, terlebih untuk para remaja. Belajar dalam KBBI diartikan sebagai berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu. Mungkin bagi sebagian besar orang dan mindset manusia sekarang ini, belajar merupakan hal yang penting bagi seluruh manusia, yang dilakukan dari kecil hingga tua. Sejak kita kecil, kita sudah diajarkan berbagai macam hal oleh orangtua kita, sampai tua pun, masih banyak hal yang harus di pelajari.

Mari kita lihat dari sudut pandang para pelajar di daerah perkotaan. Sadar atau tidak, semakin hari lambat laun semangat belajar para pelajar sekarang sangatlah turun, terlebih di kota-kota besar. Maraknya penjualbelian kunci jawaban UN, malas-malasan, bolos semaunya, dan menyontek yang sudah menjadi gaya hidup remaja pun sudah tersebar luas di kalangan pelajar sekarang ini. Saya pun sebagai pelajar SMA memang merasakannya.

Mungkin saat kita masih kecil, semangat belajar kita masih besar, masih penasaran dengan hal-hal baru. Tapi, saat mulai beranjak dewasa, terlebih saat menuju SMA, para pelajar pun mulai jenuh dengan segala pelajaran yang diberikan oleh sekolah. Para pelajar mulai bosan untuk belajar terus menerus tanpa ada kejelasan untuk apa semua pelajaran itu, apakah semuanya akan terpakai saat kita dewasa nanti? Kalau tidak, untuk apa kita mempelajari semuanya? Saya pun sempat berpikir demikian di masa SMA saya, saya hanya ingin cepat-cepat lulus SMA dan bebas dari segala macam pelajaran sehingga tidak perlu berhadapan lagi dengan segala ulangan. Apalagi dengan sistem sekolah yang sangat menomorsatukan nilai, para pelajar tidak jarang sangat tertekan karena harus mencapai nilai-nilai yang ditargetkan. Sekolah sekarang ini hanya seperti formalitas, hanya karena semua orang sekolah dan yang lain hanya ikut-ikutan, belum ada kesadaran apa gunanya belajar sebenarnya. Padahal, seluruh fasilitas sudah tersedia, seluruh akses nformasi terbuka lebar, dari buku-buku hingga alat-alat canggih seperti laptop yang memudahkan kita mendapatkan informasi pelajaran yang dibutuhkan.

Sekarang, mari kita lihat dari sudut para pelajar di perdesaan, yang mungkin jauh berbeda dengan hal yang saya paparkan diatas. Sekitar 2 minggu kemarin, saya mendapatkan pelajaran yang sangat berharga untuk hidup saya.

Kegiatan PPM (Pengabdian Pada Masarakat) yang diselenggarakan oleh sekolah saya membuat saya mengerti seberapa besar semangat belajar anak-anak di desa saya. Desa yang saya tempati bisa dibilang cukup terbelakang dari segi fasilitas dan akademis, tepatnya di Kp. Pasir Ceuri di Desa Kadubeureum, Serang. Awalnya, saya berpikir akan mendapat kesulitan untuk PPM dan membuat kegiatan belajar di desa tersebut, karena seperti yang saya alami, semangat belajar saya sendiri pun tidak tinggi.
Di hari pertama saya mengajar, saya baru tahu bahwa ada kegiatan MBB (Mari Belajar Bersama) yang dilaksanakan setiap malam sehabis isya, dan kami memutuskan untuk ikut turut mengajar di kegiatan ini. Di hari pertama, saya dan teman-teman berencana untuk mengisi kegiatan awal dengan bermain games untuk perkenalan awal. Di akhir permainan, saya bertanya pada anak-anak kampung tersebut untuk kegiatan MBB di malam selanjutnya, apakah mereka ingin belajar atau main seperti malam itu lagi, dan yang membuat kami tercengang, mereka dengan kompak menjawab “BELAJAAAAAR”. Dari saat itu saya tahu bahwa semangat belajar mereka sangat tinggi. Disaat kami yang mudah mendapatkan informasi pelajaran tetapi semangat belajar kami yang rendah, tapi di desa ini, walaupun serba kekurangan, mereka mempunyai semangat belajar yang tinggi.

Hari selanjutnya, kami mulai merancang apa-apa saja yang akan kami ajari kepada anak-anak kampung pasir ceuri. Tak disangka, saat malam tiba, antusiasme mereka untuk belajar tambahan sangatlah tinggi. Mereka sudah berkumpul tepat sehabis solat isya, berkumpul sebelum kami datang ke tempat dimana MBB akan dilakukan.  Kebetulan, saya mendapat tugas untuk mengajari pelajaran bahasa inggris SMP kelas 7 dan 8. Dan disana saya pun baru menyadari bahwa pengetahuan mereka tentang bahasa inggris pun sangat rendah. Tapi yang sekali lagi membuat saya tersentuh, keinginan mereka untuk belajar bahasa inggris sangatlah besar, seluruh kosakata yang saya ajarkan mereka tulis untuk dihafalkan kembali. Akhirnya, di akhir pertemuan pelajaran bahasa inggris, saya memberikan kamus untuk setiap anak dengan harapan mereka bisa belajar dari hal yang saya berikan. Dan walaupun kami sudah kembali pulang ke asrama kami, mereka sering datang ke asrama kami yang jaraknya cukup jauh dari kampung mereka, dan yang mereka katakan adalah mereka ingin belajar didampingi oleh kami, bukan hal yang lain.

Disini saya tahu kalau ternyata mereka bukan anak yang kurang pintar dikarenakan malas, tetapi itu dikarenakan kurangnya sumber informasi pembelajaran yang mereka dapat. Mereka kekurangan guru, kekurangan orang yang bisa mereka jadikan sumber belajar, kekurangan buku-buku, dan kurangnya koneksi mereka ke dunia luar.

Setelah PPM ini berakhir, saya bisa tahu apa kelemahan di negeri ini yang mungkin tidak disadari banyak orang. Di saat mereka serba berlebih dan mudah mendapatkan info, semangat belajar mereka yang terlalu rendah. Sedangkan bagi mereka pelajar kampung yang banyak kekurangan, semangat belajar mereka yang tinggi, yang haus akan ilmu. Apakah para pelajar belum sadar pentingnya belajar? Bagaimana meningkatkan semangat belajar para pelajar?

Menurut saya, solusinya memang dari dalam diri masing-masing yaitu kesadaran para pelajar itu sendiri. Yang bisa kita bantu untuk meningkatkannya hanya memberi tahu dan menyadarkan bahwa belajar itu sangat penting untuk masa depan. Masih banyak pelajar yang bingung untuk apa mereka belajar, toh kalau mereka punya uang, mereka tidak perlu bekerja di masa depan. "Pendidikan adalah senjata paling mematikan, karena dengan itu Anda dapat mengubah dunia" - Nelson Mandela. Kita harus menyadarkan para pelajar yang masih rendah semangat belajarnya, beritahu bahwa belajar memang hak dan kewajiban seluruh manusia. "Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim (baik pria maupun wanita)" - Nabi Muhammad SAW. Semakin banyak kita belajar, semakin banyak hal yang bisa ketahui dan kita pahaami, lalu bisa kita ajarkan kepada banyak orang. "When you know better, you do better." - Maya Angelou. Bantulah negara ini untuk melahirkan orang-orang cerdas yang dapat memajukan negara ini. Jika mereka sadar akan pentingnya belajar, lambat laun tingkat semangat belajar para remaja di Indonesia pun akan bertambah.

Kesimpulannya, tingkatkan semangat belajar bagi seluruh pelajar dengan segala kemudahan akses informasi yang ada. Ingat bahwa belajar memang dibutuhkan untuk masa depan kita. Banyak yang ingin pintar, tapi tidak banyak yang mau belajar. Belajar butuh proses, segalanya butuh proses. Dan ingat, tujuan sekolah bukan hanya sekadar mendapatkan ijazah. Ilmu yang terpenting yang harus didapat. Percuma dapat ijazah tapi sedikit ilmu yang didapat dari sekolah. Malas belajar hanya akan membuat suatu pelajaran semakin sulit dipelajari. Ingat pula bahwa belajar adalah investasi berharga untuk masa depan dan tidak akan seperti harta yang suatu saat bisa habis. Seperti kata pepatah, "Hiduplah seakan engkau akan mati besok. Belajarlah seakan engkau akan hidup selamanya" - Mahatma Gandhi. Tuntutlah ilmu setinggi mungkin, sadar bahwa banyak yang serba kekurangan dari kita tapi semangat belajar mereka jauh lebih tinggi dari kita. "Jika seseorang bepergian dengan tujuan mencari ilmu, maka Allah akan menjadikan perjalanannya seperti perjalanan menuju surga" - Nabi Muhammad SAW.

(tugas essay bahasa Indonesia)
#TumbenGaNgawur #LagiBener #LagiSadar

spell caster

jadi waktu gua buka laptop, ini sticky notes udah nempel di dekstop gua


jujur, gua agak merenung abis baca nih notes.
sadar gak sih? gua yakin gak cuma gua, kalian juga pernah mikir kayak gini.
jujur aja, gua bukan orang yang pede, bukan orang yang yakin kalo gua bisa ngerubah suatu hal yang gede. dikit-dikit minder, dikit dikit takut. dan apa alasannya?
"si itu lebih jagooo"
"si itu lebih hebat dari guaaa"
padahal lu tau, mungkin passion lu emang di bidang itu, dan lu punya "sesuatu" yang lebih di bidang itu, tapi lu keburu minder karena lu tau ada yang lebih jago dari elu yang bakal ngalahin lu di bidang itu.

mungkin-karena-itu-lu-gak-pernah-sukses.

gua sadar, sifat ini tuh jelek banget. gua takut kalo gua ngelakuin hal ini, gua ga bisa. gua ga lebih hebat dari si itu, si anu, si ini, dan temen temen gua.

tapi, kalo kita mikir kayak gini terus, kapan kita maju? bener kata si spellcaster. mau sampai kapan gua selalu berada 1 tingkat dibawah orang-orang? sampai kapan lu mau takut-takut terus dan ga pernah berani ngelakuin sesuatu?
kadang orang percaya sama kita kalo kita bisa, tapi kita yang ga percaya sama diri kita sendiri.

jadi, percaya diri aja deh. kasih usaha yang maksimal.
mau lu bisa, mau lu engga, cobain aja. just give it a shot. mungkin dengan lu nyoba hal itu, lu tau kalo lu punya bakat di situ. jangan takut-takut, karena semua hal gabakal sukses kalo lu ngelakuin dengan ragu-ragu dan setengah2 dan tanpa usaha yang maksimal.

#LagiSehat #LagiBener #LagiGaSedeng #TumbenGaNgawur #MendadakBijak

FYI: spellcaster = @elzifashari